REGULASI PERTANDINGAN ANDALAS MTB ENDURO RACE 2016

KELAS PERLOMBAAN

  1. Men Open : 19 tahun s/d 30tahun
  2. Master A : 31 tahun s/d 40tahun
  3. Master B : 41 tahun ke atas
  4. HardTail Open : 18 tahun keatas

PAKAIAN DAN PERLENGKAPAN KESELAMATAN

  1. Pakaian ketat berbahan dasar Lycra elasted tidak diperkenankan.
  2. Peserta wajib menggunakan Helm.
  3. Peserta diharapkan memakai alat keselamatan.

PROSEDUR LATIHAN

  1. Latihan resmi diadakan hari Sabtu tanggal 16 Januari 2015 pukul Liason 1 dan SS1 08.00 – 11:00 SS2 13:00 – 15:30

PROSEDUR PERLOMBAAN

  1. Keamanan : Lintasan hanya boleh dilalui selama latihan resmi dan lomba
  2. Pembatalan : Dalam keadaan cuaca sangat buruk, Chief Commissaire berhak membatalkan perlombaan setelah berkonsultasi dengan panitia perlombaan dan Technical Delegate.
  3. Sebelum lomba, Tehnical delegate harus menginspeksi lintasan memastikan peranti dan personal keselamatan berada diposisinya dan layak keselamatan. Laporan diberikan oleh Chief Commissaire kepada Event Organiser.
  4. Start List diumumkan/dibagikan sebelum start dimulai. Peserta dilepaskan berselang satu menit dari peserta sebelumnya.
  5. Waiting Zone (Call Up Area) disiapkan dekat dengan Start dengan area yang cukup lapang. Penonton dilarang berada di area ini, kecuali 1 tim official, juri, fotografer terdaftar.
  6. Start Commissaire menjadi satu satunya pemberi aba aba start.
  7. Semua pembalap wajib menjaga sportifitas dan wajib memberi jalan tanpa gangguan dari pembalap yang lebih cepat dibelakangnya. Marshal akan memberi tanda bendera.Bagi peserta lomba yang tidak mengindahkannya sampai Marshal berikutnya, akan diberikan Sanksi Diskualifikasi (DSQ).
  8. Apabila pembalap keluar dari lintasan apapun alasannya harus kembali ke titik awal lintasan untuk melanjutkan, apabila tidak mengindahkan, akan di berikan Sanksi diskualifikasi (DSQ).
  9. Semua peserta wajib menghargai dan menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan lomba.
  10. Tanda Lintasan dan check point Disepanjang lintasan terdapat tanda tanda yang jelas mengenai lintasan yang dipakai, berupa petunjuk lintasan dan racing line dikiri kanan lintasan di beberapa titik persimpangan.
  11. Terdiridari 2 SS (special stages) 2 liason stage

PERALATAN SEPEDA

  1. Sepeda yang digunakan dalam kompetisi ini harus memenuhi keamanan, dan juga melengkapi fungsi yang menjadi standart kompetisi.
  2. Sepeda yang diperkenankan adalah type AM dan Enduro, minimal sesuai spesifikasi standar pabrik. (untuk kelas Men open, master A, Master B)
  3. Sepeda menggunakan handle bar maximum 81 cm.
  4. Lingkar roda yang diperbolehkan adalah 26 dan 27,5 inch.
  5. Fork (Suspensi depan) yang diwajibkan adalah jenis single crown dengan travel minimal 140 mm maksimal 180 mm. Suspensi belakang antara minimal 5” dan maksimal 7”.(untukkelas Men Open, master A, Master B)
  6. UntukKelas HT open diwajibkan sepeda hardtail dengan travel minimal 120 mm

PENALTI DAN SANKSI

  1. Penalti 10 detik untuk setiap 1 detik jump start, berlaku kelipatannya.
  2. Jump start diberlakukan apabila sepeda sudah melewati sensor start sebelum aba aba diberikan oleh Start Commissaire (GO!! setelah count down 5 detik).
  3. Sanksi diskualifikasi (DSQ) diberikan apabila melakukan hal yang termuat dalam peraturan yang telah disebutkan diatas/sebelumnya.

PROTES

  1. Hak protes diberikan hanya kepada pembalap.
  2. Bentuk protes hanya berupa kerugian yang diterima oleh pembalap atas kesalahan pembalap lain.
  3. Protes harus tertulis dan diserahkan maksimal 5 menit setelah lomba per kategori selesai dan diserahkan kepada Chief Commissaire dengan jaminan sebesar Rp 500.000,- .
  4. Jaminan dikembalikan apabila protes diterima.

SUSUNAN PERLOMBAAN

  1. Pengambilan nomor pada hari sabtu tanggal 16 januari 2016 sebelum latihan resmi oleh pembalap,  team manajer/wakil pembalap.
  2. Perlombaan dilakukan hanya 1 hari yaitu minggu tanggal 17 januari 2016 dimulai pukul 07.00
  3. Pembagian hadiah selambat-lambatnya 1 jam setelah lomba selesai.
  4. Urutan lomba sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kondisi saat perlombaan.

KESELAMATAN

Pertolongan Pertama + Evakuasi
Tim medis berada di titik finish dan jika memungkinkan akan menjangkau dimana kejadian terjadi, tetapi diharapakn masing masing peserta membawa P3K sendiri selama didalam lintasan yg tidak  terjangkau petugas medis.

DISCLAIMER

  1. NO EXCHANGE, REFUND, AND/OR SUBTITUDE
  2. All participants have declared that they are participating in this race at their own risk and hereby agree to waive their rights to any claim of personal injury, death and all other losses or damages that may be sustained before, during and after the event against the Organizers, Sponsors and Supporters. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>